Selasa, 08 Mei 2012

PKM AI-KU, ICCA & NANCY :D


















PEMBERDAYAAN PANGAN LOKAL : PUTRI KLEPON UNGU MANDI SALJU DENGAN CITARASA YANG BERBEDA

Oleh :

Thalia Prasetya, Sang Ayu Made Ika Utari Dewi, Laurensia Nancy Verawaty
Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Mahasaraswati Denpasar


ABSTRAK
Bali merupakan daerah yang terkenal akan adat dan kebudayaan daerah yang kental, penduduk wilayah Bali yang didominasi oleh penduduk beragama Hindu membuat Bali kaya akan penganan atau jajanan daerah yang banyak digunakan dalam kegiatan rituil keagamaan.
Berbagai macam jajanan khas Bali yang digunakan dalam kegiatan keagamaan, namun selain bisa sebagai sesajian upacara agama banyak juga jajanan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat. Salah satu jenis jajan tradisional daerah Bali adalah kue kelepon. Seperti kue-kue lain pada umumnya, kue kelepon terbuat dari tepung ketan. Dan akhir-akhir ini harga tepung semakin meningkat sehingga sangat diperlukan bahan alternatif yang dapat digunakan untuk mengganti bahan baku tersebut tanpa mengurangi citarasa dari kue itu sendiri.

Ubi ungu merupakan jenis ubi jalar yang mengalami mutasi sehingga warna kulit dan daging ubi itu menjadi ungu. Memanfaatkan ubi ungu sebagai bahan baku pengganti tepung terigu dalam pembuatan kue kelepon adalah salah satu cara untuk meningkatkan nilai ekonomi ubi ungu.
Dari proses yang telah berlangsung dapat di gambarkan bahwa secara umum Putri Klepon Ungu Mandi Salju mendapatkan respon yang positif dari segenap Civitas akademika di Lingkungan UNMAS Denpasar, dan juga masyarakat sekitar UNMAS. Disamping itu juga klepon ungu dapat dijadikan salah satu usaha penganekaragaman pangan olahan dari ubi ungu yang kaya karbohidrat dan protein. Melalui hal tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa usaha Putri Klepon Ungu Mandi Salju merupakan salah satu usaha yang menguntungkan.


Kata kunci : Pangan lokal, Tepung Ketan, Ubi Ungu
Korespondensi : Thalia Prasetya, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar, Jln. Kamboja 11 A Denpasar, telp. ( 0361 ) 240985

PENDAHULUAN

Latar belakang

Indonesia merupakan negara yang terkenal akan keaneragaman budaya dan suku bangsanya. Dengan beranekaragamnya budaya yang dimiliki Indonesia, maka kuliner yang ada di negeri ini juga tidak kalah banyaknya dengan kebudayaan yang lain. Berbagai macam makanan dengan aneka rasa dimiliki oleh Indonesia mulai dari makanan pokok hingga panganan yang berupa jajanan daerah dan minuman khas daerah masing-masing.
Bali merupakan daerah yang terkenal akan adat dan kebudayaan daerah yang kental, penduduk wilayah Bali yang didominasi oleh penduduk beragama Hindu membuat Bali kaya akan penganan atau jajanan daerah yang banyak digunakan dalam kegiatan rituil keagamaan.
Berbagai macam jajanan khas Bali yang digunakan dalam kegiatan keagamaan, namun selain bisa sebagai sesajian upacara agama banyak juga jajanan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat. Salah satu jenis jajan tradisional daerah Bali adalah kue kelepon yaitu kue yang bulat kecil berwarna hijau yang didalamnya berisi gula merah dan biasanya disajikan dengan parutan kelapa diatasnya.
Seperti kue-kue lain pada umumnya, kue kelepon terbuat dari tepung ketan. Dan akhir-akhir ini harga tepung semakin meningkat sehingga sangat diperlukan bahan alternatif yang dapat digunakan untuk mengganti bahan baku tersebut tanpa mengurangi citarasa dari kue itu sendiri.
Ubi ungu merupakan jenis ubi jalar yang mengalami mutasi sehingga warna kulit dan daging ubi itu menjadi ungu. Selama ini ubi ungu telah dimanfaatkan menjadi campuran es krim, keripik dan lainnya. Dimasyarakat ubi ungu merupakan tanaman baru yang cukup menarik, sehingga jika bisa diolah menjadi produk-produk baru, tentu akan menarik minat masyarakat.
Memanfaatkan ubi ungu sebagai bahan baku pengganti tepung terigu dalam pembuatan kue kelepon adalah salah satu cara untuk meningkatkan nilai ekonomi ubi ungu, tentu dengan bahan dasar yang berbeda dan dengan citarasa yang beraneka ragam akan menarik minat dari masyarakat untuk mencicipi makanan yang bahan bakunya dari ubi yang sangat menarik perhatian mereka.


Rumusan Masalah

            Dari latar belakang masalah dapat dirumuskan masalah sebagai berikut.
            Adanya bermacam – macam kue yang beredar dipasaran yang hampir semuanya
berbahan baku tepung terigu ataupun tepung ketan, mendorong timbulnya suatu ide untuk memanfaatkan pangan lokal untuk bahan baku pembuatan kue kelepon yang dikombinasikan dengan citarasa yang bervariasi. Dengan adanya modifikasi bahan baku dan citarasa kue kelepon akan mampu meningkatkan nilai ekonomi kue kelepon dan ubi ungu itu sendiri.

 Tujuan Program

            Melalui program kreativitas mahasiswa di bidang penelitian diharapkan dapat mencapai tujuan:
1.            Untuk mengetahui apakah dengan memodifikasi bahan baku dan citarasa kue kelepon mampu meningkatkan nilai ekonomi kue kelepon
2.            Mendapatkan cara alternatif untuk melestarikan kue kelepon .
3.            Menghasilkan varian penyajian klepon baru dengan nama putri klepon ungu mandi salju, dengan berbagai rasa.
4.            Memperkenalkan  dan mempopulerkan kue kelepon ubi ungu pada masyarakat.
5.            Menciptakan lahan baru bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmunya.


METODE PELAKSANAAN PROGRAM

Adapun metode yang dipakai adalah dengan membuat varian pangan lokal klepon ungu, yaitu menggunakan ubi ungu sebagai bahan dasar pembuatan klepon ungu, dengan spesifikasi rasa dan tampilan yang baru dimana produk ini kami sebut ” Putri Klepon Ungu Mandi Salju ” sebagai nama komersilnya. Dalam pembuatan ini, sebagai langkah awal kami membuat 4 varian rasa yaitu : rasa strawberry, rasa coklat, rasa blueberry, dan rasa keju.

a.    Waktu dan Tempat
Program ini dilaksanakan pada :
     Waktu                         : 1 Maret s/d 22 Mei 2010
     Tempat            : Kampus Mahasaraswati Denpasar Jl. Kamboja No.11A   

b.       Cara Kerja
Adapun cara kerja yang kami lakukan dalam merealisasikan program ini adalah :

A.    Pembuatan Produk putri klepon ungu mandi salju

Bahan baku pembuatan putri klepon ungu mandi salju dapat diperoleh di pasar-pasar lokal, dengan cara pembuatan dan komposisi bahan yang telah di tentukan sebelumnya, berikut bahan – bahan yang digunakan untuk membuat klepon ungu :
1.      Tepung Ketan 2 Kg
2.      1 Kg ubi ungu kukus, dihaluskan
3.      ¼ sendok teh garam
4.      1 butir kelapa tua, diparut kasar
5.      500 gram gula bubuk
6.      Selai blueberry,strawberry,coklat, dan keju secukupnya
Selanjutnya pengerjaan klepon dikerjakan oleh tim pelaksana PKM-K dan 2 orang tim pekerja , setelah bahan - bahan siap selanjutnya dilanjutkan dengan pembuatan klepon  itu sendiri dengan langkah – langkah sebagai berikut :
1.      Masukkan ubi ungu yang sudah dikupas bersih ke dalam kukusan, setelah empuk angkat ubi.
2.      Campur ubi dengan tepung ketan, garam, gula bubuk dan sedikit air sampai merata.
3.      Ambil adonan, pipihkan lalu tambahkan rasa kemudian bentuk bulat.
4.      Didihkan air lalu masukkan bulatan klepon. Rebus sampai terapung. Angkat.
5.      Kukus kelapa parut, dan angkat lalu gulingkan bulatan klepon hingga terbalut kelapa.
6.      Letakan kue pada daun pisang dan bungkus.
7.      Kue Puteri Kelepon Ungu Mandi Salju siap dipasarkan
8.       
B.       Sistem Pemasaran
Strategi pemasaran yang digunakan adalah
1.      Strategi Produk
Strategi produk dilakukan dengan upaya diversifikasi terhadap produk yang dihasilkan. Dalam hal ini dimungkinkan dengan pengemasan produk dengan lebih bagus dan lebih menarik lagi.
2.    Strategi Harga
Strategi harga dilakukan berdasarkan harga pasar, dengan penetapan harga produk dibawah harga pasar.
3.      Strategi Promosi
Promosi produk melalui kegiatan penyebaran brosur, dan pemberian tester bagi calon konsumen. Promosi penjualan yang telah dilakukan adalah dengan promosi dari mulut ke mulut, pembukaan stand produk, serta penitipan produk.

HASIL DAN PEMBAHASAN

Dari proses yang telah berlangsung dapat di gambarkan bahwa secara umum Putri Klepon Ungu Mandi Salju mendapatkan respon yang positif dari segenap Civitas akademika di Lingkungan UNMAS Denpasar, dan juga masyarakat sekitar UNMAS. Banyak pihak yang menyambut positif pelaksanaan kegiatan ini karena Klepon memiliki keunikan dari tata cara penyajian, serta rasanya juga menjadi point plus tersendiri dari Putri Klepon Ungu Mandi Salju dalam hal menunjang proses promosi serta pemasarannya. Disamping itu juga klepon ungu dapat dijadikan salah satu usaha penganekaragaman pangan olahan dari ubi ungu yang kaya karbohidrat dan protein.  Hal ini dibuktikan dengan tercapainya BEP pada bulan kedua penjualan.



Adapun data penjualan serta biaya produksi dari pelaksanaan program ini adalah sebagai berikut :

Biaya produksi untuk sekali produksi putri klepon ungu mandi salju :
Ketan putih
2 kg
10.000
20.000
Ubi Ungu
1 kg
  5.000
  5.000
Daun Pisang
5 gulung
  2.000
10.000
“Semat”
5 buah
  1.000
  5.000
Gula bubuk
500 gram
  8.000
  8.000
Selai Aneka Rasa
3 Kaleng
10.000
30.000
Keju
1Bungkus
15.000
15.000
Garam


  1.000
Kelapa
1 Butir
  3.000
  3.000
Tenaga kerja
2 orang
25.000
50.000
                                                                                    Total  147.000

Dari hasil produksi didapat produk klepon ungu sebanyak 100 bungkus dengan harga jual Promosi Rp. 2.000 / bungkus, maka diperoleh hasil penjualan sebesar Rp.200.000.
Dengan demikian untuk setiap satu kali produksi maka akan didapat keuntungan  sebesar Rp. 53.000,-, dari total biaya produksi. Dan BEP akan tercapai setelah melakukan penjualan selama 1 bulan.
Dan sampai saat ini sudah dilakukan 36 kali produksi selama 3 bulan dengan demikian BEP sudah tercapai di bulan pertama  dengan untung bersih sampai saat ini sebesar Rp. 4.248.000.


KESIMPULAN

Kesimpulan
1        Dari kegiatan kewirausahaan yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa usaha “Putri Klepon Ungu Mandi Salju”  layak dilaksanakan karena respon pasar untuk “Putri Klepon Ungu Mandi Salju”  ini sangat baik.
2        Kegiatan kewirausahaan tersebut layak dilaksanakan karena prediksi dapat balik modal dalam jangka waktu satu bulan.





13 komentar:

  1. Terimakasih, artikelntya sangat bagus sekali. Senang sekali berkunjung ke website anda. semoga dapat bermanfaat buat kita semua. Amin . . . . :D :D

    BalasHapus
  2. terimakasih banyak ya? sudah berbagi cerita & berita yang sangat menarik. akhir-akhir ini sudah jarang mendapati blog berisi artikel manfaat seperti ini, keren!!

    BalasHapus
  3. Terimakasih infonya. semoga bermanfaat buat kita semua. salam sehat!! Informasinya sangat menarik sekali, selamat hari natal & tahun baru 2015..! haha

    BalasHapus
  4. infonya sangat bermanfaat sekali gan, makasih. beritanya bagus dan sangat menarik sekali untuk di baca. Ijin share ya gan, thanks..semoga semakin bermanfaat!

    BalasHapus
  5. website ini selalu mnenghangatkan saya dalam membuat artikel, terimakasih atas wawasan yang anda berikan cukup mudah di pahami. Terimakasih banyak,..

    BalasHapus
  6. Terimakasih, postingan-nya sangat bagus sekali. Senang sekali berkunjung ke blog anda. saya bantu share ya gan? semoga dapat bermanfaat buat kita semua. Amin :D :D

    BalasHapus
  7. Terimakasih atas informasinya :) semoga sukses slalu .. Ditunggu informasi menarik selanjutnya :) senang berkunjung ke website anda, terimakasih. sekali lagi thanks.

    BalasHapus
  8. Terimakasih, postingan-nya sangat bagus sekali. Senang sekali berkunjung ke blog anda. saya bantu share ya gan? semoga dapat bermanfaat buat kita semua. Amin :D :D

    BalasHapus
  9. Terimakasih atas informasinya :) semoga sukses slalu .. Ditunggu informasi menarik selanjutnya :) senang berkunjung ke website anda, terimakasih. sekali lagi thanks.

    BalasHapus
  10. Terimakasih atas semua artikel bermanfaat yang sudah anda publikasikan melalui blog yang menarik ini, saya tunggu postingan selanjutnya, have a nice day, kawan :)

    BalasHapus
  11. Hadir kembali berkunjung dihari yang indah dan cuaca yang cerah ini, terimakasih teman karena selalu berbagi info menarik yang ter up to date, keep blogging!!

    BalasHapus
  12. Terimakasih gan, keep blogging. templatenya bagus ini, pengen deh punya blog kayak gini.

    BalasHapus
  13. morning, minna.. sekarang lagu amatsuki x aho no sakata yang berjudul asking too much sudah bisa ditonton dalam bahasa indonesia! Ayo berkunjung...!!

    BalasHapus